Trik cepat main rubik (cube)

Sekedar refreshing. Akan kami tampilkan cara paling sederhana untuk menyelesaikan permainan rubik (rubic cube) 3×3×3. Masih banyak para pecinta rubik yang jauh lebih ahli, dan menyelesaikannya dalam waktu yang jauh lebih singkat. Namun ini lumayan untuk mengobati rasa penasaran bagi pembaca yang (mungkin) bertahun-tahun tanpa bisa menyelesaikan rubuk-nya.

Diperlukan 5 jurus dasar untuk berpibu dengan rubik,

Langkah Pertama sebagai latihan.  Anda harus dapat menyelesaikan satu sisi. Pilihlah satu layer untuk diselesaikan. Kemudian selesaikan satu demi satu secara berurutan. Gambar di bawah adalah contoh. Sisi warna HITAM dipilih, kemudian diselesaikan urut baris demi baris. Lihat urutan kondisi (1) s/d (4). Selesailah layer 1 (warna hitam).

Setelah selesai, balikkan rubik sehingga layer 1 (hitam, yg sudah beres) berada di sisi bawah. Lihat kondisi (5), sisi warna HITAM berada di layer paling bawah (layer 1). , sehingga tak tampak lagi warna hitam. Kondisi (5) adalah sama dengan (4), dengan rubik telah dibalik.

Untuk mempermudah pemahaman, lihat Gbr 1 di atas. Perhatikan istilah-istilah pada gambar. U (maksudnya Upper) adalah sisi atas. R (right) sisi kanan, L (left) sisi kiri, F (front) sisi depan, dan B (back) sisi belakang. Ini akan dipakai terus. Sebenarnya masih ada satu lagi, D (down) sisi bawah, namun tak dipakai dalam jurus-jurus kami nanti.

Pemutaran rubik juga mengacu pada kriteria ini. Putar kanan mengacu pada Gbr 1., artinya seandainya itu sekrup (atau paku ulir) diputar ke kanan dari sebuah sisi, maka sekrup (atau paku ulir) itu akan bergerak masuk ke dalam rubik. Putar kiri berarti berlawanan arah dengan putara di Gbr 1. Untuk lebih jelasnya, gerakan putar adalah sebagai berikut,

Ua – artinya U putar kanan (sisi atas putar kanan) 90 derajat

Ra – artinya R putar kanan (sisi kanan putar kanan) 90 derajat

Fa – artinya F putar kanan (sisi depan putar kanan) 90 derajat

La – artinya L putar kanan (sisi kiri putar kanan) 90 derajat

Ba – artinya B putar kanan (sisi belakang putar kanan) 90 derajat

Semua hal tersebut sesuai dengan Gbr 1. Adapun akhiran “i” menunjukkan putaran kiri(sebaliknya),

Ui – artinya U putar kiri (sisi atas putar kiri) 90 derajat

Ri – artinya R putar kiri(sisi kanan putar kiri) 90 derajat

Fi – artinya F putar kiri(sisi depan putar kiri) 90 derajat

Li – artinya L putar kiri(sisi kiri putar kiri) 90 derajat

Bi – artinya B putar kiri(sisi belakang putar kiri) 90 derajat

.

.

Jurus 1, menyelesaikan layer 2.

Untuk menyelesaikan layer 2, posisi awal harus dibuat seperti Gbr. 2 (a) atau (b). Jika sudah tercapai kondisi seperti Gbr 2 (a), lakukan gerakan jurus 1(a):

Ua Ra Ui Ri  –  Ui Fi Ua Fa

Jika kondisi seperti Gbr 2 (b), lakukan gerakan jurus 1(b):

Ui Fi Ua Fa – Ua Ra Ui Ri

.

Kondisi (5) adalah sama dengan (4), dengan rubik telah dibalik. Lihat (5) sesuai dengan yang dimaksud Gbr 2. (b).  Maka jurus 1(b) dilakukan. Ulangi jurus-jurus 1(a) dan 1(b) ini untuk biji-biji rubik yang lain. Jika kondisi tak ada seperti Gbr 2, misal posisi biji rubik sudah benar namun warna-nya terbalik, maka lakukan jurus 1(a) atau 1(b) untuk mengeluarkannya (menaikkan ke atas). Kemudian masukkan lagi ke posisi yang benar dengan jurus di atas yang sesuai.

(6) adalah kondisi setelah jurus-jurus di atas dilakukan sehingga layer 2 terselesaikan.

Selesai jurus 1.

Sekarang kita konsentrasi ke layer 3. Hanya layer 3, karena layer 1 dan 2 sudah terselesaikan. Konsentrasi ke layer 3 sebagaimana Gbr. 3.

.

.

Jurus 2,

Tujuan dilakukan jurus 2 adalah untuk mencapai kondisi bentuk “+” di layer 3 (Gbr.4). Jurus 2 adalah gerakan,

Ri Ui Fi – Ua Fa Ra

Lihat Gbr 5. Di sini kita tak mempedulikan biji-biji diagonal rubik. Konsentrasikan hanya pada biji-biji center (tengah). Jurus 2 ini akan menyebabkan posisi hijau dan biru naik, dan posisi merah tetap. Dan posisi biji-biji rubik bergeser sebagaimana terlihat pada gambar.

Sebagaimana pada contoh di bawah, sebelum membentuk “+”, pastikan ada satu warna kuning yang akan diletakkan di sisi B (lihat (7)). Jika belum ada satupun kuning di posisi tengah, lakukan jurus 2 satu kali, maka pasti ada kuning muncul di posisi tengah. Letakkan itu di sisi belakang dengan gerakan Ua atau Ua Ua atau Ui.

Jurus 2 masih terus dilakukan sambil meneliti dengan mengubah posisi rubik sehingga diperoleh warna-warna kuning yang membentuk huruf “L terbalik” sebagaimana (8). Bentuk “L terbalik” merupakan syarat untuk membentuk “+”. (Lihat Gbr. 5).

(9) adalah kondisi saat bentuk “+” telah tercapai. Saat ini kita tak mempedulikan biji-biji diagonal, dan hanya fokus pada biji-biji center/tengah.

Selesai jurus 2.

.

.

Jurus 3

Ra Ua Ri Ua  – Ra Ua Ua Ri

Tujuan jurus 3 adalah dari “+” (Gbr 6a) membentuk “ikan” (Gbr 6b), sampai akhirnya mengkuningkan sisi atas (Gbr 6c). Ini semua dilakukan hanya dengan jurus 3.

Perhatikan Gbr 7. Jurus ini akan menyebabkan posisi hijau, biru , dan  merah naik. (Dan posisi warna coklat tetap di atas). Dan posisi biji-biji rubik bergeser sebagaimana terlihat pada gambar. Sebenarnya kita boleh tak mempedulikan pergeseran biji, dan hanya peduli biji mana saja yang warnanya akan naik. Perhatikan pula, biji-biji tengah bentuk “+” tak berubah, tetap di atas.

Lakukan jurus ini terus menerus. Setiap kali, perhatikan posisi-posisi warna kuning dan perhitungkan dengan acuan Gbr 7. Ubah posisi rubik kalau perlu. Sekedar tips, untuk menuju bentuk “ikan” (menuju ke Gbr 6b), letakkan posisi kiri-depan (L-F) dengan biji bukan warna kuning, sambil berharap (memperhitungkan) akan muncul hanya satu warna kuning di antara tiga posisi diagonal yang lain. Jurus ini mungkin perlu dilakukan berkali-kali.

Setelah bentuk “ikan” diperoleh, letakkan warna kuning diagonal di pojok kiri-depan (L-F), Gbr 6b.  Jangan terkecoh .. kadang “ikan” yang diperoleh, bukan “ikan” yang dikehendaki (sebagaimana seperti pada Gbr 6b.). Maka sekali lagi, jurus ini mungkin perlu dilakukan berkali-kali.

Dalam contoh, (10) sampai (14) adalah urutan setelah jurus-jurus 3. Lihat .. (11) adalah sama dengan (10) dengan seluruh rubik diputar kanan. Ketika mendapatkan “ikan”, warna kuning pada diagonal digeser ke pojok kiri-depan (L-F) terlebih dahulu, baru melakukan jurus 3. Lihat .. (13) = (12) diputar kiri.

(14) kondisi setelah warna kuning berada di atas semua, tanpa peduli urutannya.

Selesai jurus 3.

.

.

Jurus 4.

Jurus 4 ini akan mengubah posisi diagonal biji rubik tanpa mengubah warna. Gerakannya adalah

Ri Fa Ri  –  Ba Ba Ra  –  Fi Ri Ba  –  Ba Ra Ra

Maka posisi biji yang berubah terlihat pada Gbr. 8 (atau Gbr. 9). Jika anda telah mencapai (14), kuning berada di atas semua, periksa dan sesuaikan posisi biji diagonal. Jika tak ada yang bersesuai, pilih salah satu diagonal untuk disesuaikan. Letakkan di pojok kiri-depan (LF), sebagaimana Gbr 8. Lakukan jurus 4, maka akan ada 2 pojok diagonal yang sesuai. Periksa dengan Ua atau Ua Ua atau Ui.

Jika telah ada dua pojok diagonal yang sesuai, letakkan ke dua pojok diagonal itu di sisi belakang (lihat Gbr 9). Lakukan jurus 4. Maka sekarang ke empat pojok diagonal telah bersesuaian.

.

.

(15) adalah (14) dengan Ua atau Ua Ua atau Ui.  Kelihatan ada dua pojok bersesuaian. Lakukan Ua Ua, maka ke dua pojok itu berpindah ke sisi belakang (B), (16). Dengan sekali jurus 4, maka ke empat pojok telah bersesuaian. (18) adalah (17) dengan Ua atau Ua Ua atau Ui.

Selesai jurus 4.

.

Jurus 5.

Jurus 5 ini akan mengubah posisi center/tengah biji rubik tanpa mengubah warna dan posisi biji  diagonal. Gerakannya adalah

Fa Fa  –  Ua La Ri   –   Fa Fa    –   Li Ra Ua    –   Fa Fa

Maka posisi biji yang berubah terlihat pada Gbr. 8 (aduh salah nomor gambar, pokoknya gambar kuning bawah yaach).

Jika belum ada sisi yang warnanya sama semua, maka perlu jurus 5 berulang-ulang. Periksa setelahnya dengan Ua atau Ua Ua atau Ui. Jika ada satu sisi yang telah selesai (satu garis warnanya sama, maka letakkan di sisi belakang (B). Lakukan jurus 5 ini sampai semua sisi bersesuaian.

.

Dalam contoh terlihat dari (17) setelah diperiksa ada satu sisi yang telah selesai (18). Letakkan di sisi belakang (B)… (19). Lakukan jurus 5 ini sampai semua sisi bersesuaian (20).

.

TAMAT.

.

Semoga manfaat.

About these ads

33 Responses to “Trik cepat main rubik (cube)”


  1. 1 fadil April 6, 2010 at 10:38 am

    kalo mau bentuk ikan langsung aja pake rumus u,r,u’,l’,u,r’,u’l pasti langsung jadi bentuk ikan,tapi usahain sebelum gunain rumus cross nya hrus bner2 bentuk cross +,biar langsung jadi bntuk ikan nnti nya…

  2. 2 Triadi May 11, 2010 at 8:19 am

    Simpel dan mudah diingat

  3. 3 rifka May 19, 2010 at 12:55 pm

    smoga aku jadi bisa main dengan cepat dan mudah,,,,amiin

  4. 4 Talib May 20, 2010 at 4:05 am

    Thanks yach infonya..

    Trik yang baik dan mudah diingat

  5. 5 wong bodo sinau ben pinter May 20, 2010 at 12:17 pm

    .wkwkwk tq tips n triknya brader.. saya sudah bs walaupun blum mahir.. sy cm pake 4 jurus pertama tnpa jurus k 5.. skali lg tq brader…!!! Biar lbh cpet ga prlu bntuk ikan yg pnting bntuk + nya brader…

  6. 6 rubik mania newbie May 28, 2010 at 10:46 am

    alhamdulillah ! akhirnya dapat juga triknya .

  7. 7 rubik mania June 1, 2010 at 12:49 pm

    akhirnya rekor tercepat aku 3mnt 26dtik . haha menurut saya itu masih lama . harus bisa lebih cepat dari itu . amin

  8. 8 Refa June 19, 2010 at 7:42 am

    Saya menggunakan metode lapis demi lapis ini baru bisa menyelesaikan paling cepat 2 menit 34 detik. Adakah cara lain spy lebih cepat. Saya lihat ada yg bisa 45 detik saja

  9. 9 romi46 August 22, 2010 at 11:16 am

    tahapan yg makan ‘banyak waktu’ memang membentuk ‘ikan’, ada yg tau langkah cepat lngsung mmbentuk ikan ?, rekor tercepatku masih 2 mnitan

  10. 10 arief pribadi August 28, 2010 at 6:48 am

    alhamdulilah… rekor aku 1 menit 2 detik….. .

  11. 12 arief pribadi August 28, 2010 at 7:11 am

    rekor aku 1 menit 2 detik……

  12. 13 nana August 31, 2010 at 7:37 am

    aq gag isa…..cg isa tolong ajarin aq,,,, @fb aq yah,,,, nana kumala quincy…thx.

  13. 14 Rubic's Master September 10, 2010 at 4:00 am

    Alhamdullillah !! Udah 22,87 Detik !! Pake JURus CFOP ( Cross , F2L , OLL , PLL ) Bisa Dilihat Dibukunya Om Chuck ( Wicaksono Adi Dgn Harga Relatif Murah 35-40.000an ~! :D

  14. 15 newbie September 27, 2010 at 4:35 am

    walah para master rubiq lagi ngumpul

    rekor aku 3x3x3 2 menit 1 detik paling cepet ntuh …

    tolong ajarin yg rumus Cross , F2L , OLL , PLL itu dunk para master rubiqq

  15. 16 telod October 18, 2010 at 5:50 pm

    ak bru bljar 1 mgu…alhamd dah bisa 2mnt29dtk…hehe^_^

  16. 17 edwin November 14, 2010 at 7:24 am

    mdah diingat sih…,tp waktu buat ‘L’ kebalik atau tanda ‘+’ sulit banget t0long solusinya ya

  17. 18 edwin November 20, 2010 at 1:18 pm

    Ee—h ternyata kagak slit/trnyata yg eror tu rubik sya,skrang sy dah bs main rubik thanxs infonya

  18. 19 abenk December 1, 2010 at 2:56 am

    mantap bos….
    salam kenal ya……..

    Siap, salam kenal juga.

  19. 20 hendra December 21, 2010 at 2:28 am

    thx bro…..
    mantap kali trik nya……

  20. 21 Irma mha December 29, 2010 at 10:27 am

    Rekor saya udah 50 detik, gmna ya biar bsa lbih cpt lagi…

  21. 22 Nisa December 3, 2011 at 4:59 am

    Tidak bisa-bisa dari dulu :(

  22. 24 Yumna Izzatunnisaa January 5, 2012 at 6:58 am

    mantapz nie postingan,Izin copas ya,,,^^

  23. 25 seteven April 1, 2012 at 1:24 am

    wah aku nyelesakan rubik dalam waktu 1 menit 28detik

  24. 26 AfiQa IyYaa April 18, 2012 at 6:23 pm

    tambah mummmmed saia……..

  25. 27 surya effendi May 5, 2012 at 9:00 pm

    trima kasih y’ skrang qw

    bisa menyelesaikan rubik lgi

  26. 28 Buqgham Mudya July 25, 2012 at 6:22 pm

    kayaknya oke…….
    tapi dasar otak ane yg bebal, ga paham……..!

  27. 29 Yunus August 17, 2012 at 1:28 pm

    gann. ane udah pake fulll fidritch method , tekhnik look ‘a head + finger trick… tetap aj sub 7s… rekor the best gua 6,84s… ttp aja gk bisa ngalahin feliks zemgeds…

  28. 30 Tutorial Software September 17, 2012 at 1:10 am

    Terima kasilh banyak sudah share ilmunya…

    ilmu mahal digratiskan….. :D
    Semoga dibalas oleh yang maha kuasa….. tambah pinter, tambah banyak ilmunya

  29. 31 opuy November 1, 2012 at 12:16 pm

    mantap…aku 1 menit 20 detik….

  30. 32 jasri November 3, 2012 at 8:12 am

    msih gc ngrty ane ne

  31. 33 Arie November 25, 2012 at 1:58 pm

    itu rumus yg cepat, tp klu menghafal pasti bisa,
    aku berhasil membuat semua warna rubik dengan waktu 56 detik , tp itu menggunakan rumus dasar pemula…
    mnta tlong , di ajarkan yg lebih cepat lagi…

    trimakasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Selamat Datang

Assalamualaikum.. Selamat Datang di Blog saya, semoga tulisan-tulisan yang berada di blog ini bermanfaat bagi para pengunjung sekalian. Terima kasih telah berkunjung..

Jejaring Sosialku

Alquran


Twitter

Blog Stats

  • 400,537 Pengunjung

Rank Barudak Blogor

Rank Barudak Blogor

STATUS BLOG

Powered by  MyPagerank.Net

TwitterCounter for @adityappratama

blog-indonesia.com

IP

free counters


%d bloggers like this: