Renungan atau Tafakur

Saudaraku kebanyakan manusia binasa disebabkan oleh dosa, kebanyakan ahli zuhud binasa disebabkan oleh syahwat, dan kebanyakan wali binasa disebabkan oleh pikiran mereka pada waktu khalwat. Sedang para shiddiqin terkadang binasa karena kelengahan sekejap.

Tafakur adalah perbuatan hati. Jika engkau melihat kebaikan pada dirimu , bersyukurlah kepada Allah Swt. Jika engkau melihat keburukan pada dirimu, bertaubatlah dari keburukan itu. Dengan tafakkur, agamamu akan hidup dan syaitanmu akan mati.

Jauhilah teman-teman yang buruk. Putuskan keakraban dengan mereka. Bergaullah dengan orang-orang shalih. Jauhilah kawan buruk meskipun ia dekat darimu dan dekatilah orang baik meskipun ia jauh darimu. Setiap pergaulan akan menumbuhkan pengaruh , jadi perhatikanlah dengan siapa engkau bergaul. Jika ditanya tentang arti dekat, maka jawabannya adalah keakraban dan kasih sayang.

Jadikanlah ciptaan-ciptaan Allah Swt sebagai dalil, dan renungkanlah ia, maka engkau akan sampai pada pencipta-Nya. Seorang mukmin yang yakin dan arif memiliki dua mata, yakni mata zhahir dan batin. Mata zhahir memandang ciptaan Allah di bumi sedangkan mata batin memandang ciptaan Allah Swt di langit.

Orang yang berakal adalah orang yang selalu berada di pintu-Nya dan berpaling dari selain pintu-Nya. Bersegeralah mengambil keuntungan dari pintu kehidupan selagi belum ditutup untukmu. Perbanyaklah melakukan amal-amal baik selagi masih ada kesempatan. Cepatlah memasuki pintu taubat selagi pintu itu terbuka bagimu. Gunakan pintu do’a selagi ia terbuka untukmu. Gunakan kesempatan bergaul dengan orang-orang shalih selagi kesempatan itu terbuka untukmu.

“Ya Allah , berilah kami kebaikan dunia dan akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”

Bahan Bacaan :
Mudzakarah Maut karya Syekhul Hadist Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandhalawi Rah.a

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s