PENTINGNYA MENGHIDUPKAN ADAB-ADAB ISLAM

Keimanan seseorang akan terlindungi apabila ia senantiasa menjaga 3 hal, yaitu : adab, sunnah dan fardhu. Apabila seseorang mampu melaksanakan adab-adab maka yang sunnah akan mudah ia amalkan, dan jika ia mampu melakukan amal-amal yang sunnah maka yang wajib pun akan mudah ia tunaikan. Apabila ketiga hal ini wujud dalam diri kita maka iman akan terpelihara.

Berkata sebagian hukama (ulama ahli hikmah), “Barangsiapa dengan sengaja menghina adab Islam, maka ia akan terjauh dari hidayah untuk mengikuti sunnah. Barangsiapa meremehkan sunnah, maka ia akan terjauh dari hidayah untuk mengamalkan amal-amal yang wajib. Dan barangsiapa yang meremehkan amal-amal yang wajib, maka ia akan terjauh dari ma’rifatullah.”

Seluruh aspek kehidupan manusia telah diatur dalam Islam, sebab agama adalah adab, adab kita terhadap Allah SWT. Hanya saja bagaimana kita mengamalkannya? Apakah mengikuti sunnah? atau mengikuti hawa nafsu? atau malah mengikuti langkah2 syetan?

Kehidupan para sahabat dan salafus shalih telah membuktikan kehebatan dan kecanggihan teknologi iman dan amal dengan melaksanakan adab dan sunnah. Apa saja yang dilakukan dan disampaikan Nabi saw, beliau para sahabat langsung mengamalkan dalam kehidupan mereka, “Kami dengar dan kami taat (sami’na wa atha’na) tanpa memandang bagaimana suasana dan keadaan pada saat itu, juga tanpa pertimbangan ini dan itu. Sehingga walaupun mereka telah wafat namun tetap hidup di sisi Allah SWT. Jasadnya sudah dikubur tetapi menjadi asbab hidayah karena keutamaan beliau2 radhiyallahu ‘anhum.

Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata : “Barangsiapa ingin mengambil cara hidup, maka hendaklah dia mengambil cara hidup orang yang telah meninggal dunia. Sebab orang yang masih hidup tidak aman dari cobaan. Mereka itulah para sahabat Rasulullah saw. Mereka adalah manusia yang paling utama dalam ummat ini, hatinya paling taqwa, ilmunya aling dalam, hisabnya paling sedikit, yang dipilih Allah sebagai pendamping Nabi-Nya untuk menegakkan agama-Nya. Maka kenalilah keutaman mereka, ikutilah jejak mereka, peganglah akhlak dalam perilaku hidup mereka menurut kesanggupan kalian, sesungguhnya mereka berada pada petunjuk yang lurus.” (HAYATUSH SHAHABAH).

Semoga Allah fahamkan kita dan niatkan untuk mengamalkan juga menyampaikan lagi pada saudara2 kita yang lain…
Insya Allah

One thought on “PENTINGNYA MENGHIDUPKAN ADAB-ADAB ISLAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s