Ayo Tipu Otak Kita!

Coba perhatikan gambar di bawah ini:
https://i1.wp.com/i49.tinypic.com/14bmd55.gif
Apa yang dilihat? Ya, sebuah gambar dengan latar belakang berwarna abu-abu, dikelilingi bulatan berwarna pink yg mati secara bergantian satu per satu searah jarum jam.
Coba pusatkan mata di tanda + di tengah gambar.. Kamu bakal ngeliat buletan pink yg mati tadi digantikan oleh bulatan ijo, padahal aslinya ga ada tuh buletan ijo yg muter kalo mata kita ga dipusatkan ke tanda +
Sekarang coba benar-benar pusatkan konsentrasi di tanda + .. Benar-benar pusatkan konsentasi, jangan perhatikan hal lain selain tanda + .. Apa yang terjadi?
Buletan pink menghilang!
Ya, buletan pink menghilang dan hanya menyisakan bulatan ijo berputar mengelilingi tanda + .. Tapi sebentar aja konsentrasi buyar, buletan pink bakal balik lagi.
Kalo kamu berhasil, Kamu berarti udah sukses menipu otak kamu dalam menginterpretasikan warna. Sekarang bilang ke otak kamu: Kena deh!
Otak kita bekerja dengan caranya sendiri. Mata kita hanya berfungsi layaknya sebuah kamera yang menerima inputan cahaya masuk. Lantas dari mana kita bisa “melihat” sesuatu? Otak! Ya, otak yang memproduksinya untuk kita.

Saya ga tau penjelasan ilmiah dari gambar ini, tapi filosofinya adalah kita tidak selalu melihat apa yang kita pikir, dengan kata lain kita melihat sesuatu “bukan apa adanya” tapi “sebagaimana kita melihatnya”.

Berat/ringan, kecil/besar, masalah/bukan masalah, sedih/gembira, hukuman/pahala, derita/bahagia, dst.. Semua itu hanyalah “cara pandang” kita terhadap sesuatu. Suatu peristiwa/kejadian yang sama, namun jika melihatnya dengan sudut pandang yang berbeda serta memaknainya dengan berbeda kemudian menyikapinya dengan cara yang berbeda pula, maka hasil-nya juga akan berbeda. Semua hanya ada di benak kita sendiri! Karena otak kita lah yang membuatnya berbeda! Jika suatu peristiwa yang negatif namun kalau kita memandang/memaknai nya sebagai hal yang positif dan kita menyikapi dengan cara yang positif maka hasilnya pun akan positif pula. Dan begitu sebaliknya..

TS minta maaf sebelumnya ga bisa ngasih penjelasan ilmiah yg gimana-gimana, karna emang keterbatasan pengetahuan dari TS.. Tapi coba diambil makna dari gambarnya aja..

One thought on “Ayo Tipu Otak Kita!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s