Kepribadian kita di dunia maya

http://taufiqsuryo.files.wordpress.com/2009/12/dunia-maya1.jpg

Terkadang jika kita mengupdate status facebook atau  twitter, jarang kita memikirkan terlebih dahulu apakah tulisan kita layak atau tidak untuk ditulis. Karena status atau tulisan tersebut dapat mencirikan kepribadian kita yang sesungguhnya. Contohnya saja jika kita sering berkeluh kesah di facebook orang lain bisa saja menilai diri kita adalah orang yang suka mengeluh terhadap keadaan atau mudah putus asa. Ataupun orang yang sering menulis hal positif di statusnya, kemungkinan besar orang lain bisa menilai bahwa diri kita memiliki semangat tinggi dalam menjalani kehidupannya.

Sebuah berita menyebutkan bahwa ada seseorang yang bahkan tidak diterima dari pekerjaan hanya karena status facebook atau twitter. Hal ini mungkin jadi bahan pertimbangan kita semua agar lebih hati-hati menjaga ucapan kita di media jejaring sosial agar hal tersebut tidak terjadi pada kita.

Jadikanlah media-media tersebut menjadi sarana untuk berkomunikasi secara positif, berbagi pengalaman dengan orang lain, menambah informasi dan lain sebagainya. Di dalam Islam sendiri Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada hari akhir, maka berkata baiklah atau diam.” Maka dari itu sebaiknya berfikirlah terlebih dahulu sebelum kita update status atau tweet.

author : aditya Pratama Putra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s