Pengakuan atas kebohongan Sang Blind Blogger Eko Ramaditya

Saat sedang blogwalking dan juga membuka kompasiana, saya dikejutkan dengan beberapa tulisan tentang Eko Ramaditya disana tentang kebohongan publiknya atas pengakuannya sebagai komposer lagu game Jepang. Sebelumnya Rama yang menyandang tuna netra ini sangatlah fenomenal dan juga mengesankan banyak pihak. Saya pun awalnya mengetahui dan kagum terhadap Rama pada saat ada seminar motivasi di kampus saya dan juga pada saat Islamic Book Fair 2010. Namun fakta menjawab lain, ketika salah satu forum diskusi online game di Indonesia melakukan investigasi apakah Rama benar-benar sebagai komposer musik game Jepang ?

Awalnya saya pun tak percaya apakah Rama selama ini membohongi Indonesia tentang prestasinya itu. Namun yang paling terpukul adalah Kick Andy saya rasa karena pada acara tersebut ia dinobatkan sebagai pemuda berprestasi yang ternyata hanya Flagiat semata.

Mungkin ini adalah hal yang sangat mengecewakan bagi kita, namun dapat diambil pelajaran bahwa Rama dapat mengakui kesalahannya dengan rendah hati tanpa menuding atau mencari pembenaran atas kesalahannya. Semoga kita dapat mengambil pelajaran akan perisiwa ini.

Untuk melihat bukti videonya dapat dilihat disini

2 thoughts on “Pengakuan atas kebohongan Sang Blind Blogger Eko Ramaditya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s